Garut Indikasikan sebagai Tempat Pariwisata Halal di Jawa Barat

  • 0

Garut Indikasikan sebagai Tempat Pariwisata Halal di Jawa Barat

Category : potensi daerah

Sekilas kompetensi beberapa bulan lalu terkait Industry Halal. Garut menjadi salah satu kategori dalam wisata kuliner halal khas daerah Terbaik yang memunculkan satu kuliner yang dinilai TP3H bakal mendunia yaitu chocodot, Asal Garut Jawa Barat, yang berada di jajaran 3 nominasi dalam World Industry Halal. Ini salah satu pembuktian nyata bahwa Garut mampu bersaing di kancah Internasional. Chocdodot yang belum terdengar oleh masyarakat banyak, namun memiliki brand nama yang unik. Yang akan menjadikan brand image yang baik di mata Internasional.

Garut dengan berbagai potensi yang di miliki, salah satu nya adalah pariwisata yang di miliki Garut. Garut yang termasuk Provinsi Jawa Barat ini memiliki keindahan tersendiri dari daerah lainnya, salah satu nya pegunungan-pegunungan dengan keindahannya, laut santolo, saying heulang dan kamojang yang menjadi objek wisata dan cocok untuk di jadikan pariwisata halal. Ada berbagai lokasi tempat wisata kabupaten Garut yang memiliki potensi cukup tinggi dalam pengunjungan pariwisata.

  • Pantai Santolo

Pantai santolo adalah apantai yang terdapat di kecamatan cikeletkabupaten Garut. Temaot wisata pantai santolo ini sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan dari lokal maupun luar. Mereka ingin menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah beserta melepaskan lelah setelah sibuk bekerja. Kemudian menurut penulis, ini salah objek wisata yang cocok untuk di rekomendasikan sebagai wisata halal dengan kondisi yang cukup memadai.

  • Situ Bagendit

Situ bagendit merupakan sebuah situ atau danau yang terletak di kecamatan banyuresmi. Sebuah nama yang di angkat dari legenda asal mula danau situ bagendit, menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Selain 2 objek diatas masih banyak lagi pariwisata yang ada didaerah Garurt seperti rancabuaya, curug orok, gunung papandayan, pantai cijeruk indah, air panas cipanas, pantai karang panjae, pantai puncak guha, candi cangkuang dan sebagai nya. selain potensi dalam pariwisata halal. Garut juga memiliki banyak makanan atau oleh-oleh unggulan seperti jaket kulit, batik tulis garutan, kulit tersamak, domba garut. Kemudian dalam makanan khas Garut yang menjadi sorotan yaitu “Dodol Garut” yang di setiap tempat destinasi pasti banyak sekali yang berjualan makanan khas garut ini.

Seperti yang kita ketahui sudah beberapa wilayah di Indonesia yang sudah menerapkan Pariwisata Halal. Karena World Industry Halal yang di adakan beberapa bulan lalu. Indonesia termasuk salah satu daerah yang memiliki banyak pariwisata di kunjungi oleh wisata luar. Salah satu nya adalah Lombok, yang saat ini menjadi pemenang sebagai Pariwisata Halal di Indonesia.

Setiap pariwisata halal memiliki karakteristik tertentu. Dengan adanya tujuan pariwisata halal ini guna memberikan pemahaman masyarakat terkait aturan hidup ummat islam, baik sisi adab mengadakan perjalanan, menentukan tujuan wisata, akomodasi hingga makanan. Perlu di ketahui pula dengan adanya pariwisata halal ini, secara umum meliputi kemudahan untuk beribadah, mendapatkan makanan yang halal, mendapatkan nilai dan tambahan dalam perjalanan sehingga terjaga nya dari kemaksiatan dan kemungkaran.

Reni Marlina (Writer Executive Media)

 

Sumber : http://www.tabloidintan.com/garut-punya-peluang-sebagai-tempat-pariwisata-halal/


Leave a Reply