Inilah Destinasi Favorit di Bekasi yang Harus Dikunjungi

  • 0

Inilah Destinasi Favorit di Bekasi yang Harus Dikunjungi

Category : potensi daerah

Bekasi merupakan salah satu kota di Jawa Barat dan juga dijuluki kota megapolitan yang ada di Jabodetabek. Akhir-akhir ini Bekasi sering disebut berlokasi di luar planet bumi mungkin karena macet, panas, dan membuat jaraknya dengan ibukota Jakarta menjadi sangat jauh.

Tapi jangan khawatir, Bekasi juga mempunyai banyak tempat wisata yang murah meriah dan tidak kalah menarik dengan tempat wisata di kota lain.

Bahkan akan membuat kalian ingin berlama-lama berada di kota patriot ini. Nah berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di kota Bekasi.

Gedung Juang 45

Tempat wisata sejarah yang berlokasi di Jl. Hasanudin No.5 Tambun ini sangat cocok untuk kalian yang menyukai sejarah khususnya di era pra kemerdekaan RI. Gedung peninggalan Belanda ini dibangun pada 1906 dan mempunyai gaya arsitekrur neo klasik. Untuk masuk ke tempat inipun anda cukup membayar Rp 2000 dan dibuka pada pukul 08.00 sd 15.00.

Danau Marakash

Danau ini terletak di perumahan Pondok Ungu Permai, Desa Bahagia-Babelan. Awalnya danau buatan ini dibuat untuk tempat penampung air dan tempat rekreasi warga setempat saja.

Namun, seiring berjalannya waktu banyak pengunjung dari daerah lain yang berkunjung sekedar berkeliling di kawasan ini.

Curug Parigi

Dibalik rumor yang beredar ternyata kota Bekasi memiliki keindahan alam nan mempesona yang tersembunyi. Terletak di dekat Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Bantargebang terdapat sebuah curug yaitu Curug Parigi. Bahkan curug ini dijuluki Niagara mini karena keindahannya.

Namun, curug ini belum terlalu terkenal karena akses menuju lokasinya cukup sulit dan lumayan terjal . Namun begitu tiba, Anda bakal mendengar gemuruh suara air terjun dari bawah sungai Cileungsi yang luas lebarnya cukup besar.

Pantai Muara Gembong

Bekasi memang kaya akan keindahan alam yang harus dinikmati, salah satunya adalah Pantai Muara Gembong yang berada di Kecamatan Muara Gembong.

Baca Juga:  GRANT OF HOPES 2017 OPEN DONATION FOR EXTERNAL

Di pantai  ini kamu akan mendapatkan suasana sejuk, dan damai lewat pemandangan mangrove di pinggir pantai. Kamu juga dapat menemukan tambak milik warga sekitar yang memanfaatkan tambak sebagai mata pencaharian.

Mereka membudidayakan ikan, udang, dan rumput laut. Kesan asri masih sangat terasa karena banyak hewan seperti burung dan lutung hitam bebas berkeliaran.

Pantai Muara Beting

Pantai yang satu ini lokasinya tidak jauh dari pantai muara gembong kerena masih dalam satu desa. Disepanjang pantai kamu akan disuguhi pohon bakau yang indah. Banyak fasilitas yang sudah tersedia seperti kamar mandi, tempat parker yang luas, dan rumah makan untuk kamu mengisi perut setelah lelah menyusuri pesona pantai muara beting.

Pantai Muara Bendera 

Masih berlokasi di Muara Gembong, pantai ini tidak kalah indahnya dengan pantai lain yang ada di Bekasi. Selain keindahan bakau dan mangrove nya pantai ini juga menjadi tempat singgah  burung-burung laut yang selalu melewati pantai ini ketika bermigrasi dari Laut cina selatan ke Samudera pasifik. Kalau kamu ingin melihat hal tersebut kamu harus ke pantai ini pada bulan September-Februari.

Pantai Mekar

Pantai ini juga berada di kecamatan Muara Gembong, namun ada yang berbeda dengan pantai ini dengan pantai lain yang ada di Bekasi. Terdapat gazebo yang berada di tengah laut yang disebut dengan villa joglo yang sangat pas untuk tempat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Ada perahu nelayan yang akan mengantarkan ke villa joglo dan berkeliling Pantai Mekar yang mempesona ini.

Hutan Kota

Jika kamu jenuh dengan kepenatan kota Bekasi yang juga dijuluki kota industri ini, kamu harus mengunjungi Hutan Kota yang berada di Jl. Veteran, Kel. Margajaya, Bekasi Selatan. Dulunya hutan kota ini tidak dibuka untuk umum karena sebagai penyeimbang ekosistem di Bekasi dan dihawatirkan akan menggagu fungsinya tersebut. Tapi sekarang hutan kota ini sudah dibuka untuk umum dan kamu dapat menikmati teduhnya pepohonan di tengah kota megapolitan ini.

 

Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman ini merupakan tempat penangkaran lebih dari 500 ekor buaya yang berlokasi di Jl. Raya Serang Cibarusah, Desa Sukaragam, Bekasi. Taman ini disebut-sebut sebagai penangkaran buaya terbesar di Asia. Tempat ini sangat baik untuk dijadikan tempat wisata dan edukasi bagi anak-anak agar mereka dapat belajar  mengenai hewan buas yang satu ini mulai dari penetasan teluar sampai dewasa.

Taman ini juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar melindungi buaya dari kepunahan akibat perburuan liar. Jika kamu hendak berkunjung ke Taman Buaya Indonesia Jaya hendaknya saat waktu makan siang karena kamu akan berkesempatan melihat para pawang memberi makan buaya yang ada di penangkaran ini.

Jembatan Cinta

Ini dia tempat wisata yang sedang booming di Bekasi yaitu jembatan cinta yang mirip dengan jembatan cinta yang ada di pulau tidung. Kawasan ini sebenarnya adalah Pusat Restorasi Pembelajaran Mangrove Kabupaten Bekasi yang berlokasi di Kp Paljaya Desa Segarajaya, Tarumajaya.

Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp 5000 sebagai biaya parkir, setelah itu bisa menikmati rindangnya mangrove yang memang segaja ditanam untuk menjaga ekosistem laut.

Kamu juga boleh memancing dari atas jembatan karena ikan dapat terlihat dari atas jembatan. Terdapat gazebo di sudut jembatan  untuk sekedar berkumpul dan tak sedikit yang menjadikan jembatan cinta ini sebagai latar belakang dalam pengambilan foto pra pernikahan. Ada juga perahu nelayan yangn siap mengantarkan kamu ke hutan mangrove yang berada ditengah laut dengan membayar Rp 10.000.

Waterboom Lippo Cikarang

Baca Juga:  Ramai-Ramai PPDB Online, Ajang Balik Modal Anggota Dewan? (Bagian I)

Tidak jauh dari pintu masuk tol Cikarang tepatnya di Jl. Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cikarang, Cibatu terdapat sebuah wahana air yang akan membuat kamu betah seharian bermain air bersama kelaurga dan teman-teman yaitu Waterboom Lippo Cikarang. Didesain dengan banyak pohon didalamnya membuat kamu tidak akan terasa panas berlama-lama di tempat wisata yang satu ini.

Tempat ini menawarkan suasana yang sangat khas bernuansa Bali seoerti kain kotak-kotak hitam putih, patung, bunga kamboja, dan suara alat music gendingan khas Bali. Setelah puas bermain air kamu dapat mengisi perut laparmu dan juga terdapat fasilitas spa ditempat ini.

Rumah Pohon Jati Asih

Tempat yang berada di Jl. Raya Parpostel, Jati Asih, Bekasi menawarkan keasrian alam sekitar. Disini juga terdapat fasilitas outbond seperti flying fox, paint ball, wall climbing, dan kolam penagkapan ikan. Kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan danau, pemancingan, kebun, dan rindangnya pepohonan yang akan membuat kamu betah menghabiskan waktu di kota patriot ini.

Bumi Perkemahan Karang Kitri

Kalau orang Jakarta punya Buperta Cibubur , maka orang Bekasi punya Bumi Perkemahan Karang Kitri. Tempat ini berlokasi di Jl. Desa Karang Mulya RT. 001 RW. 001, Kecamatan Bojongmangu. Tempat ini biasanya digunakan untuk kegiatan camping, outbond, dan berbagai kegiatan anak-anak sekolah dan kegiatan komunitas-komunitas.

Itulah beberapa tempat wisata yang terdapat di kota Bekasi yang berlabel kota industri ini. Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata yang ada di Bekasi tercinta ini, seperti saung ranggon, situ gede, transera waterpark, saung wulan, danau cibereum, dll. diharapkan setelah membaca artikel ini akan menambah kecintaan kita terhadap daerah masing-masing terutama Bekasi dan memberdayakan poensi daerahnya masing-masing. Yuk cintai daerahmu, cintai kampung halamanmu, cintai produk lokal. (Haryati, Mahasiswi STEI SEBI)

 

Sumber : https://infobekasi.co.id/2017/07/27/25934/


Leave a Reply