Kota Wisata Menjadi Slogan Baru Kabupaten Indramayu

  • 0

Kota Wisata Menjadi Slogan Baru Kabupaten Indramayu

Category : potensi daerah

Kota Indramayu –  Jika anda mendengar kata Indramayu, pasti yang muncul di pikiran anda adalah letaknya di Jawa Barat dan terkenal dengan buah mangganya. Hal yang anda pikirkan tersebut memag benar adanya, karena Indramayu sangat khas dengan buah mangga yang dihasilkannya.

http://www.infoindramayu.com/wp-content/uploads/2017/08/icon-wisata-kota-indramayu.jpg

Buah mangga yang dihasilkan tanah Indramayu ini memanglah sangat khas, baik dari rasa maupun fisiknya. sehingga Indramayu pun memecahkan rekor sebagai daerah penghasil buah mangga terbanyak se-Indonesia. Tak heran jika Indramayu mendapat predikat sebagai kota mangga. Karena sangat populernya indramayu sebagai kota mangga, banyak sekali masyarakat yang mampir ke kabupaten Indramayu hanya untuk menikmati buah mangga yang sangat khas tersebut.
Selain memiliki ciri khas akan buah mangganya, kabupaten Indramayu juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik, unik, dan langka. Karena memang jarang ditemukan di Indonesia.

Salah satu destinasi wisata alam Indramayu yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi ialah Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong. obyek wisata ini merupakan wisata alam yang pernah dieksplor secara langsung oleh yayasan wonderful Indonesia atau sekarang bernama pesona Indonesia. Hutan Mangrove yang ada di Indramayu memanglah sangat unik, karena biasanya hutan mangrove hanya mampu hidup di pulau Kalimantan ataupun Sumatera. Namun hutan mangrove ini juga mampu hidup di pulau jawa. Pantai Karangsong ini menjadi kawasan ekowisata yang didukung oleh pertamina sejak tahun 2010. Belakangan ini, pantai karangsong menjadi magnet yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Indramayu. Wisatawan yang datang dapat menikmati kaindahan alam laut dan mengelilingi indahnya hutan mangrove dengan menggunakan perahu. Selain itu, aktivitas wisata yang bisa dilakukan adalah memancing. Betapa uniknya pesona hutan pesisir pantai Indramayu ini.

Selain wisata yang sangat terkenal berupa hutan mangrove. Indramayu juga punya pulau biawak yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kepulauan ini dapat ditempuh sekitar 3 sampai 4 jam menggunakan kapal dari pelabuhan karangsong Indramayu. Disana terdapat berbagai macam biawak yang pastinya sangat langka. Pengunjung dapat menyaksikan kehidupan biawak Indramayu di habitat aslinya, serta dapat menikmati panorama pantai yang indah sekaligus menyelami alam bawah lautnya untuk berinteraksi langsung dengan biota laut.

pulau biawak indramayu
pulau biawak (foto jalan2)

Disana juga terdapat mercusuar kuno yang dibangun oleh ZM Willem pada tahun 1872. Menara tersebut dibangun pada masa penjajahan belanda ke pulau Indonesia. Tentunya bangunan itu berfungsi untuk memandu kapal-kapal yang melintas yang mungkin hanya satu-satunya di Indramayu. di kepulauan ini terdapat makam syekh Syarif hasan, beliau merupakan seorang wali yang berjasa dalam penyebaran islam di jawa barat. Selain itu, ada juga beberapa makam belanda yang sampai saat ini tidak diketahui asal usulnya. Pulau seluas 120 Hektare ini dikelilngi pantai berpasir putih serta ditanami tanaman bakau dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya. Pengunjung dapat melakukan banyak aktivitas, seperti memancing, snorkelling, dan wisata petualangan. Dan perlu diketahui bahwa Pulau Biawak ini satu-satunya di Dunia.

Selain dua wisata yang sudah disebutkan, masih ada destinasi wisata lainnya yang sangat menarik untuk dikunjugi. Seperti pantai tirtamaya, pantai Balongan Indah, pesona Laut Eretan, pantai glayem dengan menu sea food khasnya, dan lain-lain.

Melihat potensi yang dimiliki kabupaten Indramayu, tentunya sebagai penduduk harus tetap menjaga potensi yang sudah ada. Jika potensi yang dimiliki Indramayu semakin berkembang, maka tidak menutup kemungkinan untuk membuat kota mangga ini semakin maju atas karya yang dihasilkan. Dan tentunya akan membawa perekonomian Indramayu semakin hari semakin meningkat serta kesejahteraan masyarakat setempat bisa terangkat. Harapannya pemerintah dan masyarakat saling support untuk kemajuan daerah yang ada di Indonesia. Maju terus Indonesia dan salam sejahtera!

[Sa’adah Tri Hayatun]

 

Sumber : http://www.infoindramayu.com/kota-wisata-menjadi-slogan-baru-bagi-indramayu/


Leave a Reply