PENTINGKAH RISET BAGI MAHASISWA ?

  • 0

PENTINGKAH RISET BAGI MAHASISWA ?

Category : Acara IsEF , Berita

Depok –  Penelitian merupakan sumber dari munculnya sebuah ilmu, maka dari itu Kelompok Studi Ekonomi Islam Islamic Economic Forum  (KSEI  IsEF)  memiliki program baru yakni Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa  (PRISMA) yang merupakan program kerja dari departemen Research and Development. Dengan adanya bedah buku Ekonomi Islam 101, launching PRISMA dirasa sukses menarik perhatian para menikmat ilmu. Acara yang dihadiri oleh 126 peserta ini di selenggarakan di Sebi Hall Selasa (21/11), dengan turut mengundang Chandra Natadiphurba selaku penulis dari buku Ekonomi Islam 101.

Secara garis besar dalam buku Ekonomi Islam 101 terdapat dua bagian, bagian pertama yaitu metode atau cara belajar ekonomi islam, dan bagian kedua yakni bagaimana membuat suatu bangsa menjadi makmur dengan perspektif ekonomi islam. Dalam bukunya Chandra Natadipurba mengenalkan metode dalam belajar ekonomi islam dengan tiga hal yaitu wahyu, nalar, dan data. Wahyu merupakan Al-Quran, AS- Sunnah dan turunannya, sedangkan nalar merupakan proses berpikir atau beristimbat dari wahyu dan data merupakan fakta-fakta yang terjadi pada realita, dengan fakta-fakta tersebut maka dapat di tafsirkan guna menyelesaikan permaslahan yang ada . Metode ini dirasa hanya terdapat pada buku Ekonomi Islam 101, dalam faktanya pada kebanyakan buku pemikiran ekonomi islam hanya bertumpu pada penjabaran wahyu dan sedikit pada proses berpikir atau nalar.

Dalam Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa terdapat beberapa rangkaian acara, yakni workshop skripsi, perlombaan karya tulis, pelatihan karya tulis ilmiah dan seminar literasi sebagi puncak dari acara PRISMA 2017. Dalam pekan ini diharapkan para mahasiswa dapat memanfaatkan semaksimal mungkin untuk dapat berpartisipasi serta mengasah kemampuannya, karena pekan ini merumakan ajang yang sangat cocok bagi mahasiswa untuk dapat menuangkan ide-idenya serta mendongkrak semangat untuk lebih mengetahui ekonomi islam.

Acara yang memiliki tujuan membangun semangat riset terhadap ekonomi islam ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa untuk dapat menumbuhkan keingin tahuan mengenai ekonomi islam dengan penelitian dan pengolahan data. “Saya berharap dengan adanya PRISMA dapat menjadi media pendongkrak minat mahsiswa dalam hal ekonomi islam, tidak lain dengancara membaca, karena membaca merupakan kunci untuk membuka pintu-pintu ilmu,” jelas Arif Setiawan selaku ketua pelaksana PRISMA 2017.

 


Leave a Reply